Minggu, 18 Desember 2011

Organisasi

Kali ini aku akan membagi info tentang organisasi Pramuka, kenapa aku memilih Pramuka ?
karena aku pernah berkecimpung didalam organisasi ini. Mari kita mengenal Pramuka lebih dalam ..


Pramuka adalah suatu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan Pendidikan Kepanduan yang berada di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan dari Gerakan Pramuka Indonesia yang meliputi, Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota dalam Pramuka yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir, dan Majelis Pembimbing Pramuka.

Kepramukaan adalah proses pendidikan diluar sekolah dan dluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis dilakukan di alam bebas dengan Prinsip Dasar kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasarannya membentuk watak, akhlak dan budhi pekerti luhur.
Di Indonesia pada tahun 2011 ini,Gerakan Pramuka memiliki 17.103.793 anggota, dan menjadikan Pramuka sebagai organisasi terbesar didunia. Wow !

Awalnya Pramuka dibentuk oleh Robert Baden Powell pada tahun 1907, ia adalah seorang letnan jendral angkatan bersenjata Britania Raya dan William Alexander Smith, ia adalah pendiri Boy's Brigade, mereka berdua mengadakan perkemahan kepaduan pertama (yang dikenal sebagai jamboree) di Brownsea Island, Inggris dengan nama Scouting (kepanduan) di Indonesia Pramuka.

Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuono IX. Sedangkan Pramuka Utama Indonesia ditangan Presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Itulah sekilat tentang Pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar