Selasa, 13 Desember 2011

Ilmu Komunikasi

Apa itu Komunikasi ?

Komunikasi => menyamakan => makna persepsi
Komunikasi akan berlangsung bila terjadi kesamaan makna.
- Menurut Harol D. Laswell, Komunikasi adalah solusi terbaik dalam menjawab pertanyaan.
- Who says what in watch channel to whom with what effect ?
Pragdigma tersebut menunjukan bahwa komunikasi meliputi 5 unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan.
  1. Who         = Sourch atau komunikator
  2. Says what = Message atau pesan yang disampaikan
  3. Channel    = Media atu alat perantaranya
  4. to whom   = Reserver atau komunikan
  5. Effect       = efek atau dampak yang ditimbulkan
- Komunikasi = Proses penyampaian pesan melalui komunikator kepada komunikan melalui media, menimbulkan efek tertentu.
- Definisi khusus komunikasi = Proses mengubah prilaku orang lain. (communication is the process to modify the behavior of other individual)

Proses Komunikasi ada 2, yaitu :
1. Proses Komunikasi secara primer
Proser penyampaian pikiran atau perasaan seseorang dengan orang lain dengan menggunakan lambang atau simbol sebagai medianya.
Contoh : Bahasa, kial (gestur), isyarat, gambar, warna dll

Media yang sering dipakai yaitu bahasa. Krena, bahasa mampu menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lain. Ide, informasi ataupun opini.
- Wilbur Schramm (pakar komunikasi)
dalam karyanya "communication research in the USA", komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sesuai dengan kerangka acuan (frame of reference), panduan pengalaman dan pengertian (collection of exsperience and meaning) yang pernah diperoleh komunikasi.

2. Proses Komunikasi secara sekunder
Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain menggunakan alat atau sarana untuk media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
Alat tersebut contohnya, telepon, internet, film dll.
Kenapa memakai media ? karena jaraknya relatif jauh atau jumlah audiensinya sangat banyak.

Ruang Lingkup Komunikasi


1. Komponen Komunikasi
Ada 7 komponen, yaitu : komunikator, pesan, media, komunikan, efek, feedback dan noise.
2. Proses Komunikasi
Ada 2 proses, yaitu : primer dan sekunder
3. Bentuk Komunikasi
 (a) Komunikasi Personal: intrapersonal dan antarpersonal
 (b) Komunikasi Kelompok
     - Kelompok kecil, contohnya ceramah, diskusi panel, curah saran dll
     - Kelompok Besar, contohnya rhetorika, publick speaking dll
 (c) Komunikasi massa, contohnya perss cetak, perss elektronik dan perss digital.
 (d) Komunikasi media, contohnya surat, telepone, e-mail, poster, pamflet, brosur dll
4. Sifat Komunikasi
- Tatap muka
- Bermedia
- Verbal / Nonverbal
- Lisan/ Tulisan
- Kial/ isyarat badaniah
- Bergambar/ facial expression
- Spatrial relationship
5. Metode Komunikasi
- Jurnalistik
- Cetak
- Elektronik
- Digital
- Humas
- Periklanan
- Pameran
- Publisitas
- Propaganda
- Perang urat saraf
- Penerangan
6. Teknik komunikasi
- Komunikasi informatif
- Komunikasi persuasif
- Komunikasi instruktif/ koesif
7. Tujuan Komunikasi
- Perubahan sikap
- Perubahan pendapat
- Perubahan perilaku
- Perubahan sosial
8. Fungsi Komunikasi
- Menyampaikan informasi/ penyebaran
- Mendidik
- Menghibur
- Mempengaruhi
9. Model Komunikasi
- Komunikasi satu tahap (one step flow communication)
- Komunikasi dua tahap (two step flow communication)
- Komunikasi multitahap (multi step flow communication)

>kelemahan komunikasi multitahap adalah apa yang disampaikan melenceng dari pesan awal yang dijelaskan, atau yang disampaikan.

10. Bidang Komunikasi
- Komunikasi Sosial
- Komunikasi Manajemen/ Organisasi
- Komunikasi Perusahaan
- Komunikasi Politik
- Komunikasi Internasional
- Komunikasi Antarbudaya
- Komunikasi Pembangunan
- Komunikasi Lingkungan
- Komunikasi Tradisional
- Komunikasi Kesehatan
- Komunikasi Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar