Senin, 26 Desember 2011

Karya Ilmiah

Makalah
Ilmu Komunikasi



                                                          Nama   : Elfryanty Nur Hartanty  
                                                          NPM    : 119110009

Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Riau
2011

A. Latar Belakang
Sebagaimana telah diuraikan Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi. Dan kali ini akan membahas tentang Proses Komunikasi, yang dibagi menjadi dua yaitu Primer dan Sekunder.

B. Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Komunikasi akan terjadi apabila ada kesamaan makan, dan bisa dimengerti oleh si komunikan. Proses Komunikasi terbagi atas 2 bagian, yaitu Primer dan Sekunder.


Proses Komunikasi ada 2, yaitu :
1. Proses Komunikasi secara primer
Proser penyampaian pikiran atau perasaan seseorang dengan orang lain dengan menggunakan lambang atau simbol sebagai medianya.
Contoh : Bahasa, kial (gestur), isyarat, gambar, warna dll

Media yang sering dipakai yaitu bahasa. Krena, bahasa mampu menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lain. Ide, informasi ataupun opini.
- Wilbur Schramm (pakar komunikasi)
dalam karyanya "communication research in the USA", komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sesuai dengan kerangka acuan (frame of reference), panduan pengalaman dan pengertian (collection of exsperience and meaning) yang pernah diperoleh komunikasi.

2. Proses Komunikasi secara sekunder
Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain menggunakan alat atau sarana untuk media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
Alat tersebut contohnya, telepon, internet, film dll.
Kenapa memakai media ? karena jaraknya relatif jauh atau jumlah audiensinya sangat banyak.

C. Kesimpulan
Jadi dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa komunikasi itu memiliki dua proses dalam penyampaian pesannya, yaitu primer dan sekunder. Dan komunikasi akan terjadi apabila terdapat kesamaan makna dan arti antar komunikator dan komunikan.

D. Daftar Pustaka
wikipedia.org




Tidak ada komentar:

Posting Komentar